Alergon, Kukis Sehat Bebas Gluten

alergon8b


Menurut penjelasan temanku tersebut, casein dan gluten ternyata merupakan protein yang paling susah dicerna karena termasuk asam amino pendek yang sering disebut peptide. Peptide dalam keadaan normal biasanya hanya diabsorbsi sedikit dan sisanya dibuang, namun pada anak Autis karena seringkali ditemui kebocoran mukosa usus menjadikannya masuk ke dalam sirkulasi darah. Nah di dalam darah peptide ini hanya sebentar, karena sebagian dikeluarkan lewat urin dan sisanya masuk ke dalam otak yang dapat menempel pada reseptor opioid di otak yang mengakibatkan nantinya peptide itu akan berubah menjadi morfin yang dapat memengaruhi fungsi susunan syaraf dan dapat menimbulkan gangguan perilaku. Serem juga ya…..

Diet bebas gluten dan casein itu sebenarnya merupakan terapi penunjang yang tidak dapat bersifat langsung menyembuhkan autisme, namun diharapkan dapat mempercepat proses penyembuhan. Istilah Gluten Free rasanya sudah tidak asing lagi ditelinga kita sehari-hari tapi masih sangat asing artinya buat aku. Akhirnya aku ketemu artikel disini yang menjelaskan secara simpel kenapa kita harus menghindari makanan yang bergluten tinggi. Ini ya aku salin kembali :

Penulis Donna Karn dan Alessio Fasano, MD, dokter anak dan profesor bidang fisiologis dan obat-obatan dari Mucosal Biology Research Center, University of Maryland, dalam buku Living Gluten Free For Dummies, memaparkan alasan mengapa kita sebaiknya menjauhi makanan yang mengandung gluten :

  1. Membuat kita lebih awet muda. Gandum meningkatkan kadar gula dalam darah. Di dalam darah, gula akan mengikatkan diri dengan protein. Keduanya meningkatkan kadar enzim glikasi yang merusak jaringan kolagen kulit.
  2. Meringankan gejala menopause. Beberapa ahli kesehatan percaya kalau gluten juga bisa memperburuk gejala menopause seperti demam, sakit kepala, dan mood swing. Menjauhi gluten sama artinya dengan meringankan gejala-gejala tersebut.
  3. Lebih mudah menjaga berat badan. Dengan menjadi penganut diet gluten, berarti kita “dipaksa” untuk melupakan berbagai jajanan favorit seperti pizza, pasta, kue-kue, dan roti. Beralihlah ke jenis jajanan lain yang lebih sehat seperti salad atau jus.
  4. Lebih paham nutrisi. Kebiasaan membaca label makanan membuat kita jadi lebih akrab dengan berbagai istilah nutrisi. Kalau tidak mengerti, kita akan terdorong mencari tahu. Hasilnya, kita jadi paham kalau oat, malt, dan wheat, hanyalah berbagai istilah dari gandum.
  5. Kadar gula darah lebih stabil. Bebas gluten berarti menghindari karbohidrat jahat. Hasilnya, gula darah lebih stabil. Selain itu, kita jadi lebih berenergi karena kelebihan karbohidrat dapat membuat tubuh lesu dan mengantuk.

Alergon1 Alergon2Alergon3

Tentu saja makanan Gluten Free sangat bersahabat dengan kita para wanita yang membenci lemak 😀 Mari, sudah saatnya kita hidup lebih sehat, cantik dan awet muda 😉 Kalo ribet cari2 dan buat cemilan gluten free, udah ada Alergon solusinya…dijamin suka dengan kelembutan tekstur kukisnya dan harum wangi kismisnya!

Alergon5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s