Lapis Serawak / Lapis Cadbury / Lapis India

???????????????????????????????

Tinggal di Provinsi Bangka Belitung, khususnya di Kota Pangkalpinang mau tidak mau ikut merasakan atmosfer yang berbeda tiap menjelang perayaan Imlek atau disini lazim disebut Kongian. Secara umum, kekerabatan yang terjadi antara etnis Cina dan etnis Melayu disini sangatlah baik disamping budaya saling berkunjung dan bersilaturahmi masih sangat kental disini. Wajib hukumnya untuk saling berkunjung pada saat hari besar. Dan sudah menjadi kebiasaan beberapa tahun terakhir ini, aku dan teman-teman secara bersama2 mengatur waktu berkunjung dari pagi dan bisa2 baru selesai bertamu saat malam menjelang dengan kondisi perut yang udh sangat kekenyangan, hehehe…

Oya mungkin ada yang menanyakan bagaimana sebagai seorang muslim bisa dgn bebas makan dan minum pada saat Imlekan? Hehehe, jangan kuatir…. semua pemilik rumah selalu menyediakan makanan yang dipesan dari catering muslim dan biasanya percakapan mengenai catering siapa yang terpilih menjadi pembuka acara silaturahmi…hahahha…

Aku mempunyai beberapa teman dekat yang kebetulan dari etnis Tionghoa. Tahun lalu aku memberi mereka hantaran Tiramisu. Rencananya Kongian tahun ini aku mau ngasi assorted cake mungil yang biasanya disebut Kue Tampah atau Kue Nampan. Salah satu ‘anggota’ Kue Nampan tersebut adalah Lapis Serawak. Udah lama banget pengen bikin ini karena liat di blognya kakak cantik Dayang Jack dan aku liat juga di blog nya salah satu idolaku, kak Azlita Asam Manis… Berikut resepnya yang udah sedikit di modif karena bahan2 yang diresep asli gak ada disini, yuk dillihat J kalo mau liat resep aslinya, lsg klik aja ya link blog tsb…

 

Lapis Serawak / Lapis  Cadbury / Lapis India

 

Bahan

200 gr margarin

250 gr butter

220 gr gula halus (gula kastor diblender)

10 butir telur

220 gr terigu protein rendah

50 gr susu bubuk

300 gr susu kental manis

½ sdt vanili

Pewarna kuning dan hijau

Kepingan coklat tdk meleleh

Margarin dan butter

 

Cara Membuat

  • Alasi loyang 22×22 dengan kertas roti. Panaskan oven dengan api atas 180 dc.
  • Kocok margarin, mentega dan gula tepung hingga putih dan mengembang. Matikan mikser.
  • Masukan telur, terigu, susu bubuk, vanili dan susu kental manis, kocok dengan kecepatan tinggi hingga tercampur rata. Beri sedikit pewarna kuning.
  • Untuk lapisan pertama, tuangkan 135 gr  adonan, oven selama kurleb 10 menit hingga permukaan kecoklatan. Posisi loyang di rak yang paling atas
  • Lapis ke dua tuangkan 125 gr adonan.
  • Lapis ke tiga tuangkan 125 gr adonan dan tambahkan susunan kepingan coklat
  • Lapisan ke empat ambil 125 gr adonan, beri pewarna hijau
  • Lapisan selanjutnya ulangi lagi langkah yang pertama
  •  Terakhir oven kembali selama 5 menit tp posisi loyang pindahkan ke rak paling bawah.

 

Selamat mencoba…..  😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s