Pantai Tanjung Berikat Kabupaten Bangka Tengah

Koba adalah ibukota dari Kabupaten Bangka Tengah yang jaraknya kurang lebih 1 jam perjalanan dari ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang. Seperti setiap kabupaten lainnya yang ada di provinsi ini, Kabupaten Bangka Tengah ini juga punya ‘koleksi’ pantai indah dengan pasir putih yang halus.  Salah satunya pantai yang mudah diakses karena berada dipinggir jalan dekat dengan Tugu Selamat Datang Kabupaten Bangka Tengah yaitu pantai Arung Dalam.

???????????????????????????????

Pada awal bulan Juli ini dalam rangka pekerjaanku yang lokasinya di Kabupaten Bangka Tengah, aku berkunjung ke Kota Koba. Kebetulan si Aling sobatku yang sehari2nya ada di Jakarta sedang pulang ke rumah orang tuanya di  Desa Trubus Bangka Tengah.  Setelah urusan kerjaanku beres sekitar jam 2 siang, kita udah janjian sebelumnya mau liat pantai yang katanya bagus dan masih alami banget di daerah Tanjung Berikat.

Lama perjalanan dari kota Koba ke Tanjung Berikat ditempuh kurang lebih 1 jam disebabkan oleh keadaan jalan yang jelek dan banyak lubangnya. Selama perjalanan sempat agak2 nyesel juga mutusin mau ke pantai Tanjung Berikat ini, secara energi rasanya udah terkuras ama pekerjaan dari tadi pagi ampe siang *huff. Mana cuaca mendung dan hujan kecil terus turun, jadinya sepanjang jalan tidur aja deh. Kekecewaanku semakin bertambah waktu aku dibangunin si Aling, katanya kita udah sampe di kawasan Tanjung Berikat. Gimana enggak, setelah 1 jam badan kena grudukan jalan yang jelek, eh di depan mata cuma pemandangan yg biasaaaaaa bangetttt… di penghabisan aspal terpampang pantai dengan sampah2 kayu2 dan bercampur dengan sampah2 plastik serta keadaan semak belukar yang bergulung2! Kalo yang ginian sih di Pangkalpinang  juga juga banyak rutukku dalem ati… mana ada satu rumah nelayan yg kesannya kumuh disana hmmmm nyeselll….

Papan 1-tile - Copy

Selang berjalan selama 7 menit dengan sedikit mendaki, tibalah pandangan mata kami ke hamparan sabana (bener gak nih pake istilah ‘sabana’, cmiiw ya fren) ilalang yang sebagian ada yang sudah menguning akibat pembakaran atau apa dan sebagian lagi masih hijau segar. Yang uniknya disini, di hamparan sabana itu terdapat gundukan batu2 alam gede khasnya pantai2 yang ada di Bangka dan Belitung. Sekarang pemandangannya udah berubah, gak keliatan lagi rumah nelayan kumuh dan pantai yang penuh sampah.

mdaki1

mdaki2

Dan perjalanan menurun pun dimulai dengan pemandangan laut yang sekali2 mengintip dari balik pohon cemara dan semakin lama pemandangannya semakin bikin penasaran… Suasana hatikupun semakin berubah, cemberut udh berganti senyum hehehehe….. Subhanallah, pemandangannya indahhhhhh banget… dari ujung ke ujung ada bukit batu yang disela2nya tumbuh pepohonan yang menjulang. Suasananya sepi, pantainya bersih. Ada beberapa perahu nelayan yang terdampar di pasir pantai dan ada juga yang ditambatkan di bibir pantai membuat suasananya tambah indah.

???????????????????????????????

???????????????????????????????

berikat2

???????????????????????????????

berikat4

berikat5

Nelayan Gabung

Hampir satu jam menghabiskan waktu disana berjalan dari ujung ke ujung, ngobrol2 dengan sepasang nelayan yang kutemui disana,  aku dan Aling pun bergegas pulang menuju Kota Koba lagi. Udara yang sejuk ditambah kena gerimis kecil bikin perut terasa keroncongan lagi. Kamipun berencana untuk makan Mie Koba di restoran yang ada di tengah2 kota. Oya dijalan gak jauh dari Pantai Tanjung Berikat tadi  aku ngeliat ada Dermaga kayu. Brenti bentar buat ngambil  foto2 sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Kota.

Dermaga Kayu1

Perjalanan pulang jauh lebih menyenangkan daripada perjalanan pergi tadi. Disepanjang jalan aku dan Aling sibuk bercerita dan berdiskusi tentang isu perencanaan pengembangan  kawasan Tanjung Berikat. Yah, yang utama dan terpenting tetap sarana dan prasarana jalan serta penerangan ya. Ayo dong Satuan Kerja Vertikal yang udah survey jalan dan jembatan sampai ke kawasan Tanjung Berikat, segera realisasikan pelaksanaan di anggaran tahun depan ya hehehe…

Gak berasa aja, kami berdua sampai juga ke Warung Mie Koba Iskandar. Oya Mie Koba adalah salah satu makanan khas yang berupa mie yang diberi taoge lalu disiram memakai kuah dari ikan. Sebenernya makanan jenis ini banyak dijual di Pangkalpinang maupun di Kabupaten lain. Tapi namanya disebut “Mie Kua’ Ikan” aja. Kenapa untuk Mie Koba ada sebutan tersendiri? Bedanya terletak pada jenis mie yang dipakai. Kalo Mie Kua’ Ikan, mienya boleh mie apa aja termasuk mie instan atau mie telor instan pun bisa. Tapi kalo Mie Koba, mie yang dipakai adalah mie fresh yang baru dimasak pada saat kita memesannya. Warung Mie Koba Iskandar terdapat di beberapa kota yang ada di Pulau Bangka. Selain yang ada di Kota Koba sendiri, salah satu cabangnya ada di Pangkalpinang.

???????????????????????????????

???????????????????????????????

Selesai dari makan Mie Koba, rupanya aku dan Aling masih menyisakan sedikit ruang untuk makanan penutupnya. Lalu kami mengunjungi warung tradisional yang berada di depan Warung Mie Koba Iskandar. Disana dijual aneka gorengan sederhana misalnya pisang, ubi jalar dan tape. Tapi ada juga satu penganan istimewa yang dipilih Aling sore itu. Disebut istimewa karena sebutan buat gorengan tersebut adalah “Taik Kebo” hahahahahaha…sadis ya… Kalo di Palembang penganan tersebut biasa di sebut Kumbu Kacang Ijo. Mungkin kalo di daerah lain pasti beda juga. Alhasil sore itupun kami sempurnakan dengan segelas hangat Ta Fu Sui (susu kacang kedelai), pisang, ubi jalar dan tape goreng serta tak lupa si Taik Kebo…

???????????????????????????????

Dan kamipun berbegas pulang ke Pangkalpinang sambil menyempatkan diri menikmati pra Sunset di pantai Arung Dalam… Alhamdulilah, sungguh hari yang penuh warna…

???????????????????????????????

3 thoughts on “Pantai Tanjung Berikat Kabupaten Bangka Tengah

  1. Pingback: Mie Koba (IDFB Challenge #11) | L'Kitchen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s