Pangsit Ikan

pangsit ikan isi udang1

Bosen ama tekwan? Yuk cobain bikin Pangsit Ikan ini, sedikit lebih ribet sih…tapi sesuai kok ama sensasinya yang pas digigit ada isinya hmmm…  Dulu waktu aku masih kecil, setiap kali mamaku buat Pangsit Ikan aku paling jarang dimintai bantuan misalnya nyiapin minyak, garam, air dll. Bukan apa2, setiap kali Pangsit Ikan yang udah mateng pasti nasibnya akan berakhir tragis, yaitu bolong ditengah gara2 satu persatu isinya aku comot dan pinggirannya aku sisain. Alhasil pernah suatu kali dari seluruh Pangsit Ikan yang dibuat, gak ada satupun yang utuh lagi hahahaha….

Ini disebut pangsit ikan mungkin karena bentuknya dan ada isiannya, sementara kulitnya bukan dari adonan pangsit seperti kebanyakan, melainkan dari adonan pempek. Isinya bisa apa aja. Kalo dirumahku biasanya kalo gak ayam ya udang yang dicincang atau campuran keduanya. Kalo pas ada benkuang atau jamur kuping sisa tekwan, bisa juga dicampurkan sebagai isi dan jug sering dikasi sedikit irisan daun kucai.  Oya, untuk kuahnya agak sedikit beda ama tekwan. Air yang bekas merebus pangsit ikan tinggal ditambahi garam dan diberi bawang putih cincang yang udah digoreng sebelumnya, dikasi seledri dan sambel, jadi deh…. tapi rasanya gak kalah lo ama tekwan…

Pangsit Ikan

1 resep pempek

Cara Membuat :

Panaskan air dalam panci. Liat step by step cara pembuatan.

 step by step pangsit ikan

Bahan isi :

(semua dicampur jadi satu )125 gr Ayam atau Udang cincang (aku cuma pake udang aja)

Bengkuang, jamur, kucai dipotong kecil2 (gak pake karena gak ada di kulkas)

2 siung bawang putih cincang halus

Garam dan gula secukupnya

½ sdt minyak ikan atau minyak wijen

Cara Membuat :

Campurkan bahan jadi satu, cicipi rasanya.

Kuah :

Air bekas merebus pangsit

3 Siung bawang putih cincang halus digoreng dengan sedikit minyak sampai garing, sisihkan

Pelengkap

Lada halus

Seledri

Bawang goreng

Soun bila suka

Sambal

Penyelesaian

Taruh beberapa pangsit ikan dalam mangkuk, beri kuah secukupnya, beri sesendok bawang putih goreng dan beri pelengkap. Siap dinikmati.

isi pangsit ikan - Copy

4 thoughts on “Pangsit Ikan

    • mb Juliawati, sejujurnya aku belum pernah menghitung berapa pcs pangsit yg dibuat dari satu resep ini 😀
      Tapi ini jadi masukan buat aku ya mb, anytime aku buat lagi, aku akan hitung dapet berpa pcs atau dapet berapa gram pangsit yg udah mateng. Mksh mb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s