Lapis Legit 40 Telur

Lapis Legit

Ssst…jangan langsung terkecoh dengan penampilan akhirnya yang lumayan keliatan rapi ya… sbenernya kisah dibaliknya gak mulus2 amat hihihi…

Buat Lapis Legit ini terus terang aja karena terinspirasi oleh tantangan IDFB Ch#10 dan sekalian pemanasan lah buat bikin kue2 lapis cantik berikutnya….  

Resepnya aku dapet dari mamaku, katanya pertama kali dapet dulu dari temennya yang sempat kursus di Ny. Liem Bandung. Tapi udah dimodifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Menurutku resep ini terbilang relatif mudah untuk dipraktekkan, kemungkinan gagalnya lebih kecil dari pada Lapis Susu Cantik Manis karena yang digunakan hanya kuning telurnya aja. Cuma yang harus diperhatikan adalah tips dan triks pada saat melapis dan memanggang. Yuk coba dibuat, rada ribeut sih emang…tapi begitu liat hasilnya…terbayarlah sudah keribetan itu hehehe…

 

Lapis Legit 40 Telur

 

Bahan I

40 butir kuning telur

300 gr gula tepung

½ sdt vanili (aku pake vanila susu)

 

 Bahan II

200 gr butter (aku pake 300 gr)

500 gr margarin (disesuaikan jadi 400gr)

175 ml susu kental manis (aku pake 5 sachet yg krimer)

1 sdt bumbu spekuk (kurang suka, jd di skip)

 

Bahan III

100 gr terigu protein rendah (aku pake 70 gr terigu, 30gr susu bubuk)

 

Bahan IV

50gr margarin

50gr butter

 

Cara Membuat

 Alasi loyang ukuran 20×20 dengan baking paper. Panaskan oven dengan api atas 170 dc.

Kocok bahan II hingga mengembang dan putih

Kocok bahan I hingga mengembang dan kental, masukan bahan II sambila terus dikocok hingga rata.

Bahan IV dikocok dengan garpu saja sampai putih dan lembut. Ini digunakan untuk mengoles tiap lapisan agar kue lebih lembab.

Tambahkan bahan III, aduk balik dengan spatula atau dengan balloon whisk.

Panggang selapis2 kurleb 10 menit.

Mix - Copy

Tips dan Triks

  • Aturan utamanya kenali dulu oven masing2 ya, kalo aku udh pas di angka 170 derajat celcius.
  • Proses pengocokan adonannya gak terlalu ribet, pecaya deh (gbr A).
  • Peralatan wajib yang aku gunakan adalah, timbangan digital berikut alas anti panas di atasnya, kalo gak ada timbangan digital, bisa pake sendok ukur saja. Dan jangan lupa alat penekan lapis legit ya (gbr B).

  • Tebal tipisnya lapisan mempengaruhi lama waktu memanggang, kalo aku kemaren untuk lapisan awal 12 menitan dan lebih (kelupaan krn sambil bbm-an) makanya dari warna nya sih tetep cantik, tapi pinggiran kue sudah merekah kering (gbr C)
  • Tiap lapis aku timbang 60gr, dan menurut mamaku hasil lapisannya masih sangat tebal. Nanti2 mau coba 50gr atau bahkan 40gr di tiap lapisnya (gbr D).
  • Usahain (wajib sih) tiap lapisnya warna tetep cantik tapi pinggiran kuenya belum kering ya… (gbr E) gimana caranya? Ya dengan ngatur suhu dan waktu pemanggangan. Untuk lapisan2 terakhir waktu panggangnya kurang dari 10 menit disertai dengan beberapa kali membolak balik loyang. Soalnya walopun ovenku termasuk tipe oven convection, tapi tetep aja panasnya gak rata…jadi untuk hasil yang lebih oke, servis dulu ovennya… nah kenapa aku gak nyervis dulu oven karena hrs dikirim ke Jakarta…ribet ah…eh malah curhat…
  • Ini hasil akhir setelah keluar dari loyang, udah dirapikan pinggir2annya dan lupa difoto penampakan aslinya. Aku termasuk yang gak sabaran nunggu kue sampe dingin bener, kayaknya kalo dikeluarkan pada saat udh dingin akan lebih bagus deh (gbr F)
  • Tuh liat 5 lapisan pertama yang terlalu kering, jadinya gak cantik kan? (gbr G) untuk pembuatan seluruh kue ini, aku selalu menggunakan api atas termasuk untuk lapisan pertama.

  • Hati2 ya untuk lapisan terakhir, jangan sampe warnanya belang2 dan terlalu gosong maupun terlalu pucat. Oya demi kepentingan fotografi, 5 lapisan yang kurang cantik tadi aku pangkas saja hehehe…yang penting rahasianya udh aku ceritain disini kan…. (gbr H).

Gak (terlalu) ribeut kan buatnya? Ayo silahkan buat yang belom berani coba, aku aja yang super pemalas ini kayaknya gak gagal2 amat kok hasilnya hihihi… oya kalo ada masukan dan koreksi, monggo aja ya temen2…bakal diterima dengan senang hati…soalnya aku punya cita2 pengen bisa bikin Lapis Legit yang cetar membahenol kayak mb Syahrono hihihihi….

3 thoughts on “Lapis Legit 40 Telur

  1. Subhanalloh. …..
    Makasiy banyak sistakuu yg baik hati… resep nya membantu aku bangeudd… hehehe
    Kebetulan ak tinggal di LA, dsiniy blom banyak yg buat lapis legit..
    Yg aku buat aja laku keras, pdhal ak cuma pakai 30 kuning telur..
    Alhamdulilah, sekarang ada yg lebih baik lagi….pasti aku akan coba deh…
    Jazzakillah sistaaa.. ♡♡♡♡

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s