(gak jadi ngikut) IDFB Ch#9 :(

inilah sepenggal cerita yang jadi saksi korban hilangnya sinyal telepon dan  internet menjelang hari terakhir setoran IDFB Ch#9, hiks…hiks…hiks…

Heloowwww…..apa kabar dapurku tercinta…muach! Hampir saja aku tidak menjengukmu selama bulan Maret ini kalo gak keinget pengen ikutan IDFB Ch#9 … Abis logonya lucu dan keren banget sih, ada porridge pot –nya gitu hehehe… alasan yang sok imut ya *ngerutin jidat

Sebenernya pas genderang pengumuman Ch#9 digongkan kemaren, aku sih gak terlalu binun mo buat bubur apa, secara warung bubur yang ada di Pangkalpinang ini bertebaran dimana-mana. Mulai dari yang labelnya bubur ayam Sukabumi, bubur ayam Cianjur atau bubur ayam Bandung sampe yang  gak pake label. Nah lo kamsutnya gimana nih yang non label? Hehehe, begini…. kan katanya kalo di Padang, gak ada Restoran Padang, begitupun dgn kami disini, gak ada yang jual Martabak Bangka, gak ada yang jual Mie Bangka dan gak ada warung yang nempelin merk Bubur Bangka… bethul kan hihihi…

Tentang bubur Bangka ini, bisa jadi jadi pengalaman yang lumayan unik buat aku. Gimana gak unik, sebelum turun menuju ke warung, aku udah ber-HOEK-HOEK ria dulu alias morning sickness wanna be….aku kebayang cerita si Aling tetanggaku yang mendeskripsikan apa dan gimana rasa si Bubur Bangka….. Nah berbekal dari rekomendasi si Aling inilah akhirnya aku menuju warung Bubur yang ada di Kampung Melintas yang katanya punya rasa paling gurih, topping buburnya paling bervariasi, mulai dari ayam, seafood (ikan, udang, cumi) dan gak lupa cunyuk (istilah org Bangka buat pork). Hadehhh ini nih yang bikin perjalanan menjelajahi bubur jd ada unsur perjuangannya…nyesel deh ngebiarin si Aling keburu balik ke Jakarta sebelum nyuruh dia ambil liputan dan poto2 ke warung bubur ini….harusnya ini tugas diaaa…..argh….Aliiingggggg….! Tapi yuk udh tanggung gini, mareee kita teruskan perjuangan, semangka!!!

Eh bentar sebelum masuk ke warung, coba liat deh beneran kan gak ada plang merk apapun diwarungnya….perasaan kemaren ada deh…

IMG_8911

Begitu melangkah mendekat, udah ditegur aja sama beberapa pengunjung dan jg pelayan warung katanya gini : “ Ikak dak boleh makan….ade pakai minyak cunyuk ni wo….” artinya kurleb gini : “kalian (melayu atau muslim) gak boleh makan ini, soalnya pake minyak B1 loh…..” hehehe, makasih banget udh diingetin, bener2 gak mau makan ni bubur, sumpehhhhh deh….tapi penasaran aja gimana sih penampakannya sesuai dengan cerita si Aling dan juga mau berbagi cerita ama temen2 di IDFB…ow…co cuitttt….

Tapi sayangnya, aku udh termasuk telat datengnya, ngelirik jam masih belom genep jam stengah delapan pagi. Br sampe, lsg ngeliat Ji Anyun (yg punya warung) menyendokkan isi terakhir dari mangkok topping udang dan cumi2…yah gak sempat dipoto dweh… L Dan memang, untuk urusan ngambil poto ternyata gak gampang bo’, disamping ukuran warung yg emg sempit, yg dine in banyak dan minta tambahan porsi pula, yg pesen buat di bawa pulang juga banyak jadi maklumi ya kalo potonya gak seindah biasanya… whattt???….kapan juga pernah punya poto indah…

IMG_8943IMG_8949

Untunglah disela2 ngeladenin pembeli, Ji Anyun (Aji artinya bibi, biasanya disingkat Ji aja-red) masih mau ngeladenin aku yang sok pengen tau dan kepo banget. Ternyata toppingnya itu selain yang udah aku sebutin diatas, ada juga yg pake ikan asin tenggiri goreng. Trus untuk bumbu toppingnya, kalo buat ikan, cumi dan udang cukup ditumis ama bawang putih cincang trus dikasi garem. Nah kalo buat ayam dan si cunyuk, dimasak kayak semur gitu tapi gak terlalu item. Oya sebelum disajikan ke mangkok atau buat di bawa pulang, bubur yg udah kental dimasak ulang bentar dengan kuah kaldu ayam yang jg di tambah minyak B1.

IMG_8957

Trus baru deh dikasi Topping pilihan, ditaburi dgn tong cai, irisan daun bawang dan dikecrut dengan minyak  ikan dikit lalu di taburi lada.  Seperti biasa, di tiap bubur ayam biasanya ada Cakue, nah tapi yg ini Cakue nya gak dipotong2.  Sempet pengen banget nyomot si Cakue yg tadi masih ngebul2 asepnya…tapi apa daya perutku pasti nolak hehehe….

IMG_8925

Wokehh…bagiku kunjungan pagi ini ke warung Buburnya Ji Anyun lumanyan berkesan. Rasanya udh cukup bekal deh buat menuhin tantangan ibu2 admin IDFB buat Ch#9 ini. Saatnya pamit pulang, sebelum sempet ngucapin terimakasih, Ji Anyun udh bilang “sinmung” duluan yg artinya terimakasih dalam bahasa Kek dan pesennya ntr kalo papan nama warungnya udh dipasang lagi, jangan lupa di foto ya…..hehehe dengan senang hati aku bilang iya dan tiga kali usapan tangan Ji Anyun di punggungku kembali ngingetin betapa indahnya kebersamaan yg ada di Pulau Bangka ini…

Sekarang maree kita pulang. Kita siapin dulu bahan2 buat bikin bubur Bangka a la Ji Anyun besok pagi. Tapi kok besok sih, kan kan udah last day…mefet bangedddd….iya sih tapi rasanya hari ini aku sungguh udh hilang selera untuk makan bubur hahahahha…harap maklum ya kalo segitunya….

IMG_8951IMG_8967

untuk resepnya ini ya….

IMG_8945 (2)

IDFB Ch#9

biarpun gak ngaruh lagi, teteplah pengen nempelin logo yang lutcu ini hehehe…

Logo IDFB Challenge 9

4 thoughts on “(gak jadi ngikut) IDFB Ch#9 :(

    • iya mb anne, kebiasaan emg suka deadline, akhirnya kena force majeur 2hari full saluran telepon dan internet mati total…moga bikin aq kapok ya hehehehe…

  1. waaah hebat nian srkandi2 idfb ini #terkagum2 🙂 klo mau tanya2 atau konsultasi soal masak memasak bisa juga kah kak? Terima kasih sebelum & sesudahnya.

    • hehehe, makasih bgt dibilang hebat, padahal masih yunior dibanding member IDFB lainnya
      InsyaAllah selagi masih bisa dijawab pertanyaan mb Nita, pasti deh bisa didiskusikan… Makasih ya mb Nita udh mampir kesini 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s