Jumput Cempedak

IMG_8443 - Copy

Buntut dari dengerin curhat sahabatku si Y soal suaminya yang doyan banget ama si jumput cempedak, aku kecipratan satu buah cempedak yang wangi banget, dagingnya kuning dan tebal. Dan si cempedakpun akhirnya aku buat jumput cempedak….

Ngomong2 soal cempedak kalo lagi musimnya, Pulau Bangka bisa jadi surga cempedak. Hampir disetiap jalan selalu ada yang jual tumpukan cempedak dan rata2 cempedaknya pun berdaging tebal. Sebenernya si jumput cempedak ini makanan yang paling sederhana dan simpel, dan didaerah lain pun pasti ada, tapi beda nama aja kali ya…

Cuma jumput cempedak yang dibuat kali ini agak2 mengecewakan sih, aku gak sempat mentorin asisten gimana bikin yang nikmat. Alhasil, dari hasil satu buah cempedak mengasilkan banyak banget si jumput tapi rasanya kurang berasa, kebanyakan tepungnya… So saran aku, nanti kalo mau bikin seimbang aja antara tepung ama daging cempedaknya ya…

Trus juga soal resep si jumput cempedak ini, sebenernya aku jarang pake timbangan sih, pasti selalu pake ‘kira2’ aja. Pokoknya setelah bahan2 dicampur, adonannya jangan sampe terlalu encer maupun terlalu berat (kebanyak tepung)

Bahan

±100gr daging buah cempedak

1 butir telur

¼ sdt vanilli bubuk

½ sdt baking powder

Air secukupnya

Garam seujung sendok

±100gr Tepung terigu

Gula secukupnya kalo cempedaknya gak manis

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat

Campur daging buah cempedak, telur, vanili, baking powder dan garam, aduk hingga rata. Masukan terigu, kalo adonan masih terlalu berat bisa ditambahkan air sedikit2. Trus adonan didiamkan di kulkas ±20 menit gitu.

Panaskan minyak, ambil adonan satu sendok makan. Masukan ke minyak panas. Angkat setelah berwarna kuning keemasan.

Selamat mencoba ^_^

IMG_8433 - Copy1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s