Lempah Nanas

Lempah Nanas

Foto ini udah gak baru lagi dan masak Lempah Kuning Nanas ini juga udah berkali2 dengan berbagai ikan yang berbeda2. Tapi tau sendiri deh, kalo udah ngerasa sok sibuk, belum ada yang bisa ngalahin aku….hehehehe…alhasil bahan yang mau diposting numpukkk puk puk…dan draft postingan di wordpress bejibun bun bun… hufff….

Oya  sebenernya untuk membuat masakan, aku terbiasa menggunakan takaran secukupnya atau kira2 untuk bumbu2 yang ada dengan membandingkan berapa banyak bahan utama yang tersedia (ikan, ayam, daging dll). Tapi disini aku coba pake konversi ukuran yang resmi ya…

Baiklah, mengingat sudah beberapa dari sahabat menanyakan resep Lempah Kuning Nanas ini dan setelah bertanya2 lebih dari belasan kali dengan para pemasak, penikmat yang semuanya warga asli Bangka, aku simpulkan bahwa resep otentik Lempah Kuning Nanas ini sbb….

Bahan :

½ Kg Ikan Kakap Merah (bisa diganti dengan ikan laut jenis apa aja)

± 400gr Nanas

Air Asam Jawa

Lengkuas digeprak

1 Liter Air

Gula, garam dan kaldu bubuk (bila suka)

Bahan yang dihaluskan :

35 gr Cabe Keriting

20 gr Cabe Rawit merah ( biasanya yg dihaluskan cukup ¼ bagian saja, sisanya dimasak utuh)

40 gr Bawang Merah

2gr Bawang Putih

30 gr Serai

20 gr Kunyit

20 gr Terasi

Cara Membuat :

Nanas digodok dengan air 1 liter sampai mendidih, masukan bumbu halus tanpa ditumis, garam, dula, lengkuas. Bila nanas sudah tampak matang, masukan ikan paling lama 10 menit (atau tergantung dari jenis ikan) terakhir masukan air asam jawa. Cicipi rasanya dan didihkan sekali lagi.

Untuk rasa Lempah kuning yang menurutku endang adalah perpaduan antara pedas, manis, asam, asin dan rasa terasi yang harmonis….hehehe…selamat mencoba *wink

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s