Gulai Keladi Ikan Asin

IDFB#7

Prolog :
Kalau saudari bawa keladi
Bawakan juga si pucuk rebung
Kalau saudari bijak bestari
Gulai apa yang indah berseri?

(gulai keladi dong 😛 )

Ugh… IDFB #7 hampir terlewatkan lagi…. kalo gak ada yang bilang pengen gulai otak, wuihhh gak bakal inget deh…gitu liat tanggalan bahhhh! Udah tanggal 29 November aja….udah ujung bulan…kok gak berasa ya….apa karena dari awal ampe akhir bulan dalam keadaan bokek terus so jadinya gak berasa deh…. ^_^
Bicara soal masakan yang bersantan, sezuzurnya jarang banget ada dalam daftar menu sehari-hari di rumahku. Biasanya sih selalu menu a la Wilujeng Sumping (yang tentu aja) dengan porsi sayuran segar segerobak…hehehe
Tapi bukan berarti aku jadi amnesia lho terhadap kuliner yang masuk kategori gulai ini karena sesungguhnya keluarga besar mamaku adalah pencinta masakan yang bersantan… Nah, kalo ada acara kumpul2 dirumah yang pesertanya dari keluarga mama, udah pasti salah satu menunya ada gulai. Entah itu gulai Ikan Salai, gulai udang galah nanas, gulai kepala ikan campur terong de el el ….
Pada awalnya, untuk IDFB ini aku pengen masak Gulai Ikan Salai…itu loh sebutan laen dari ikan sale, ikan asep atau smoked fish (iya gak sih) namun apa daya, tidak kunjung mendapat kiriman Ikan Salai dari mamaku tercinta dengan alasan gak ada Ikan Baung… Sebab kata beliau no Baung no Salai, sama aja kayak italiano bilang no Mascarpone no Tiramisu…halah jadi ngelantur dweh…
Pilihan ke dua mau buat Gulai Udang Galah Nanas….udah kebayang aja nikmatnya nyedot kepala udang galah….setelah sekian lama hunting kepasar nyari di tempat langganan dan pesen sana-sini, si udang galah makin gede kepala, gak unjuk diri sama sekali… Lupakan deh si udang….*sigh
Pilihan ke tiga jangan dikira mau bikin gulai kepala ikan ya….sebab setelah kecewa dengan si udang kepala gede, justru akhirnya buat aku terlupa dan terlena nya Ike Nurjanah. Alhasil aku nyadarnya di tanggal 29 November jam setengah satu siang teng setelah ada yang teriak2 pengen gulai otakkkkkk….hoho…selalu berteman dengan deadline…..*hufff
Bingung kah aku harus masak apa? Oh tidak….inspirasinya gak jauh2 kok, dari radio kepunyaan tukang tetangga, yang lagi muterin lagu lawasnya Anggun C Sasmi : Tua2 Keladi…. Tuinggg….langsung inget ama Gulai Keladi yang dikasi ikan asin…. biarpun ikan asin gak kalah enaknya deh….
Cek semua bahan ternyata ada, buat bumbu halusnya dan bela2in numpang masak di rumah tante asisten RT yang masih pake tungku kayu….wuih serunya…hot kayak disauna, mata pedes, badan bau asep, tapi rasa si gulai hmmmmmmm…..ciyus sedappppp banget….gak pake miapahhh ya….hihihi…. yuk dicobain aja, ada resepnya ya di bawah ini…. 😉

the making of gulai keladi

Bahan
Keladi, disiangi dan di celor dalam air mendidih
Daun Kunyit
Santan
Ikan Asin tenggiri di rendam pake koran
Asem Kandis 1 butir

Bumbu dihaluskan
Bawang Merah
Bawang Putih
Kunyit
Cabe Merah atau rawit
Terasi

Cara Membuatnya
Tumis bumbu halus sampai harum, masukan keladi, santan dan beri sedikit air. Terakhir masukan ikan asin dan asam, kandis. Beri gula dan garam. Cicipi sampe ketemu rasa yang enak…

Epilog :
Kalau keladi sudah ditanam
Jangan lagi bambu di ulas
Kalau budi sudah ditanam
Jangan lagi meminta balas

Heheheh, yang ini jangan sampe ketinggalan ya….
idfbchallenge7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s